Mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan FIP UNY sit-in di Universitas Kebangsaan Malaysia

Dalam rangka menuju Word Class University, mahasiswa UNY perlu memiliki wawasan pengetahuan dan kemampuan komunikasi Internasional, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti kegiatan belajar mengajar (sit-in) di Universitas yang berkualitas diluar negeri, dalam hal ini Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Di pilihnya UKM dengan alasan bahwa Universitas ini berkualitas unggul dan memiliki peringkat atas di ASEAN. Tujuan dari kegiatan sit-in ini adalah mengembangkan kompetensi sosial, akademik, dan komunikasi Internasional mahasiswa dengan mengikuti kegiatan belajar mengajar dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan Fakultas Pendidikan Universitas Kebangsaan Malaysia.

Peserta sit-in  yang di dampingi oleh Prof. Farida Hanum dan Y. Ch. Nany Sutarini, M.Si berasal dari mahasiswa dan mahasiwi Prodi Kebijakan Mahasiswa angkatan tahun 2011 dan 2012 yang seluruhnya berjumlah 20 orang dan Mahasiswa S3 Prodi Ilmu Pendidikan berjumlah 9 orang dari angkatan tahun 2012

.Kegiatan  pendampingan oleh dosen pada Progran sit-in ini berlangsung pada tanggal 16 – 23 November 2014. Dimulai dari pemberangkatan Mahasiswa dari Bandara Adi Sucipto pada hari Minggu tanggal 16 November 2014 jam 17.50 WIB dan sampai di Bandara Kuala Lumpur Malaysia jam 9.00 pm waktu Malaysia. Kedatangan rombongan mahasiswa UNY di Jemput dengan Bus oleh Panita sit-in dari Universitas Kebangsaan Malaysia yaitu Prof. Madya Dato’ Dr. Abdul Razaq Ahmad dan mbak Nurul (mahasiwa S3 UKM berasal dari Malaysia);  Mas Ebrahim (mahasiswa S3 UKM dari Iran) dan langsung menuju Hostel UKM yang berada di dalam kampus UKM yang telah disediakan sebagai tempat menginap selama berada di UKM.

Adapun kegiatan sit-in selanjutnya pada tanggal 17 November 2014, rombongan mahasiswa UNY diterima dengan resmi oleh Dekanat UKM untuk acara Selamat datang dan disertai penjelasan jadwal sit-in selama di UKM. Kemudian dilanjutkan kegiatan menerima penjelasan tentang keberadaan Library UKM. Setelah itu mahasiswa masuk ke kelas sesuai dengan jadwal yang telah disusun untuk hari tersebut guna  mengikuti kuliah. Hari Selasa 18 November 2014, para mahasiswa S1 KP dan S3 IP mengikuti kuliah sesuai dengan jadwal yang telah diberikan.

Selanjutnya Rabu 19 November 2014, ada satu hal yang menarik dimana hari Rabu di UKM ditetapkan sebagai hari kegiatan para Pensyarah (dosen). Pada hari itu semua kegiatan Dosen seperti rapat, seminar,dll yang dilaksanakan, sehingga setiap hari Rabu kegiatan perkuliahan ditiadakan. Oleh sebab itu  pada hari Rabu ini panitia menjadwalkan Mahasiswa UNY melakukan karya wisata ke Genting Highland dan ke Kuala Lumpur dengan Bus yang di sudah disewa rombongan.

Kamis 20 November 2014, para Mahasiswa dijadwalkan berkunjung ke dua Sekolah Malaysia yaitu 1). Sekolah Alam Syah, sekolah ini termasuk menengah yang berkualitas di Malaysia dan 2) SMK Putra Jaya Presint 8, juga termasuk sekolah yang berkualitas unggul. Selanjutnya Mahasiswa diajak melihat kota Cyberjaya/Putra Jaya, pusat pemerintahan Negara Malaysia. Kegiatan ini menggunakan Bus UKM. Setelah kunjungan Mahasiswa masuk ke kelas untuk menerima kuliah sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.

Jumat 21 November 2014, para mahasiswa S1 pagi hari menggunakan waktunya di library dan mahasiswa S3 di dampingi dosen pendamping berkunjung ke Universitas Pendidikan Sutan Idris Malaysia untuk studi banding melihat lingkungan kampus dan laboratorium Fakultas Ilmu Pendidikan. Hari selanjutnya Sabtu 22 November 2014, para mahasiswa S3 mengikuti Seminar khusus untuk program Doktor (Ph.D) yang dalam kesempatan tersebut para mahasiswa UKM memaparkan hasil penelitian yang telah mereka lakukan untuk desertasi mereka. Sebelum desertasi diuji para mahasiswa memaparkan karyanya untuk mendapat masukan dan kritikan baik dari dosen maupun dari peserta seminar demi kesempurnaan desertasi mereka. Seminar hanya boleh diikuti oleh dosen dan mahasiswa program doktor. Adapun mahasiwa S1 dibawah pengawasan pemandu dari mahasiswa pendamping UKM jalan-jalan ke Kuala Lumpur dengan menaiki kereta api.

Minggu tanggal 23 Nov 2014, semua rombongan pulang ke Yogyakarta. Rombongan sampai di Bandara Adi Sucipto sekitar pukul 17.00 WIB. Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan dalam Program Sit-in ini telah selesai dilaksanakan dan berjalan dengan lancar.