Pelatihan Advokasi HIMA KP FIP UNY

Hima Kebijakan Pendidikan memiliki program tahunan salah satunya yaitu pelatihan advokasi. Pelatihan advokasi dilaksanakan sebagai penyokong kompetensi lulusan Prodi Kebijakan Pendidikan yaitu advokasi, analisis dan penelitian. Selain bertujuan sebagai pendukung kompetensi kebijakan pendidikan, pelatihan ini diharapkan mampu meningkatan kemampuan setiap mahasiswa untuk advokasi. Karena pada dasarnya setiap langkah mahasiswa tak jauh dari lungkungan advokasi.

Harapan dari diadakannya pelatihan advokasi adalah memberi manfaat dan pengalaman serta menjadi pembelajaran bagi setiap peserta yang hadir. Hal ini karena advokasi penting bagi setiap pribadi. Selain dapat digunakan untuk diri sendiri, juga bermanfaat apabila dilaksankan untuk mengadvokasi terhadap pihak lain yang memerlukan.

Pelatihan advokasi pada tahun ini mengangkat mengenai budaya kritis mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, mahasiswa kini seperti lebih sering dibungkam. Pikirannya sengaja ditumpulkan sehingga jarang adanya agenda diskusi yang mengasah kemampuan mahasiswa. Oleh karena itu tema ini dirasa layak untuk diangkat. Bersama seorang moderator dari HIMA Kebijakan Pendidikan, Ibu Dra. Yuliani selaku ketua dari LSM Sarang Lidi berada di depan audien memberikan penetahuan mendasar mengenai advokasi.

Pelatihan advokasi ini dilaksanakan pada 29 Maret 2019 dimulai pada pukul 09.00 dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB. Pelatihan berjalan dengan lancar dan penuh antusias dari para audien. Sesi diskusi dipenuhi oleh pertanyaan dari beberapa peserta dan acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari pihak HIMA KP kepada pembicara.

Pada akhirnya mahasiswa sebagai agent of change diharapkan mampu memiliki nalar kritis yang kemudian dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Harapan lainnya adalah adanya ruang-ruang belajar bagi mahasiswa dalam mengasah kemampuan baik bersifat akademis maupun non-akademis, yang salah satunya yaitu advokasi