KELAS DESAIN #1

Dalam sebuah kepanitiaan diperlukan divisi yang bertugas khusus untuk mempublikasikan kegiatan tersebut kepada khalayak umum agar mengetahui adanya pelaksanaan sebuah acara. Publikasi tersebut berupa poster yang dapat disebarkan baik melalui media online maupun media cetak. Selain publikasi, divisi Publikasi, Dokumentasi dan Dekorasi juga bertugas mengatur tatanan ruang yang digunakan untuk keperluan sebuah acara. Soft skill seperti ini sebenarnya sangat berguna bagi seorang mahasiswa, karena dalam kehidupan bermasyarakat bukan hanya bidang akademis saja yang diperlukan melainkan kemampuan non akademis juga sangat diperlukan khususnya bidang publikasi, dokumentasi dan dekorasi.

Oleh karena itu, Departemen Media dan Informasi HIMA Kebijakan Pendidikan (KP) melalui program Kelas Desain #1 yang diadakan pada Jumat (13/04/2018) di RK 3, FIP UNY mewadahi mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan untuk dapat mempelajari lebih lanjut mengenai Publikasi, Desain, dan Dekorasi terutama untuk desain agar kedepannya mahasiswa Kebijakan Pendidikan dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mempublikasikan acara.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 14.00 WIB dengan dua sesi. Pada sesi pertama diisi oleh Ginanjar Aji Atmaja yang merupakan pemilik GIN Wedha’s Pop Art Potrait sekaligus kadept Medinfo HIMA KP 2018. Pada sesi ini membahas secara teori mengenai publikasi, dokumentasi dan dekorasi serta peran divisi PDD dalam kepanitian. Pada sesi kedua dilanjutkan oleh narasumber Ikhwan Nur Fauzi yang pernah menjabat sebagai kadept Meditra HIMA KP 2017, pada sesi kedua narasumber menekankan pada bidang dekorasi. Materi yang diberikan narasumber antara lain persiapan dekorasi di lapangan, cara menyiasati apabila ada kendala terkait bahan dekorasi dan cara memanajemen sumber daya manusia saat dekorasi dilapangan karena tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kegiatan dekorasi sangat memerlukan banyak orang jadi efektifitas sangat diperlukan agar hasil dekorasi dapat maksimal. Antusiasme dari peserta memang cukup besar dikarenakan pada era digital saat ini penguasaan aplikasi desain sangat diperlukan baik dalam lingkungan sehari – hari, kepanitian maupun lingkungan kerja. Sesi kedua tersebut sekaligus menjadi penutup Kelas Desain #1, tepat pukul 05.00 WIB Kegiatan tersebut selesai.Untuk kedepanya sebagai follow up akan diakan kelas desain lanjutan dengan materi yang lebih dalam mengenai bidang publikasi, dokumentasi dan dekorasi.