Workshop Penulisan Jurnal Nasional Humanika 9 Oktober 2019

Kamis (10/10) Sebanyak 7 dosen Prodi Kebijakan Pendidikan mengikuti acara Workshop Penulisan Jurnal Nasional Humanika pada 9 Oktober 2019. Acara ini dubuka oleh

Wakil Rektor 1 (Prof. Margana, M' Hum, Ph' D). beliau memberikan arahan bahwa hendaknya jurnal Humanika tetap dikelola dengan baik dengan memperhatikan proporsi penulis dari dan luar UNY yakni 60 banding 40 persen. Jurnal Humanika juga harus segera mengajukan akreditasi agar menjadi Sinta 3.

Diskusi penulisan dan tata kelola jurnal diawali dengan penyajian pengalaman dari narasumber dalam mengelola jurnal berakreditasi. Narasumter tersebut adalah Prof. Dr. Fatah Syukur dari

UlN Walisongo, Semarang. Narasumber menyampaikan bahwa mengelola jurnal perlu komitmen tinggi karena tuntutan untuk menerbitkan jurnal secara rutin tidak selalu diimbangi  dengan artikel yang masuk, terutama jurnal yang belum Sinta 2 dan 3. Selanjutnya disampaikan tips dan trik dalam menulis jurnal, yakni konsistensi dalam menulis dan membaca dan peka terhadap fenomena sosial yang sedang marak. Keduanya menjadi bekal untuk bisa menulis karya dalam jurnal.

Pada kesempatan ini iuga dilakukan dialog dengan peserta (calon penulis dan tim managing esitors) terkait penulisan dan pengelolaan jurnal. Ibu Tri Ermayani  menyarankan agar Humanika menggunakan aplikasi Mendeley untuk daftar referensi. Bapak Marzuki mengusulkan agar lay out Humanika diperbaiki terutama konsistensi dalam gaya selingkung.